Thursday, 7 November 2013

Tugas 4

1. Apa yang dimaksud dengan pemasaran?
   
    Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi    kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial  yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat  penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan,  menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan  dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk  merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat  memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.


2. Mengapa pemasaran disebut juga sebagai permintaan?
     
       Mengacu pada teori Philip Kotler dan Amstrong tentang pemasaran, menurut saya karena pemasaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan agar individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui proses pertukaran. Sedangkan permintaan adalah suatu keinginan/kebutuhan yang tidak terbatas namun sumber dayanya terbatas. Maka, dengan kata lain kenapa pemasaran disebut juga sebagai permintaan yaitu karena sama-sama memenuhi kepuasan kebutuhan/keinginan seseorang atau sekelompok orang.

Sumber : http://aniisniis.blogspot.com/2010/11

3. Jelaskan apa perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti masalah? Berikan masing-masing 2 contoh.

        Menurut buku ‘Manajemen Pemasaran’ yang ditulis oleh Pjilip Kotler dan Kevin lane Keller pada halaman 12 : “ Kebutuhan adalah syarat hidup dasar manusia. Orang membutuhkan udara, makanan, air, pakaian dan tempat tinggal untuk dapat bertahan hidup. Orang juga memiliki kebutuhan yang kuat akan rekreasi, pendidikan, dan hiburan. Kebutuhan-kebutuhan ini menjadi Keinginan ketika diarahkan ke objek tertentu yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut. Seorang konsumen di Amerika Serikat membutuhkan makanan, namun mungkin menginginkan hamburger, kentang goreng dan minuman ringan. Seseorang di Mauritius membutuhkan makanan, namun mungkin membutuhkan sebuah mangga, beras, lentil, dan kacang polong.” Jelasnya keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.
Contoh kebutuhan    : Makan, minum, pakaian.
Contoh keinginan     : Makan baso saat sedang hujan, minum air dingin saat  sedang panas, memakai gaun saat sedang pesta.
         

No comments:

Post a Comment