Ada
beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a.
Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan
untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
melalui proses pertukaran.
b.
Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial
dan managerial yang membuat individu dan
kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk
dan nilai dengan orang lain.
c.
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, promosi
dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan
perusahaan.
d.
Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang
ditujukan untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli
potensial.
2. Mengapa pemasaran disebut juga sebagai permintaan?
Mengacu pada teori Philip Kotler dan Amstrong tentang pemasaran, menurut saya karena pemasaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan agar individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui proses pertukaran. Sedangkan permintaan adalah suatu keinginan/kebutuhan yang tidak terbatas namun sumber dayanya terbatas. Maka, dengan kata lain kenapa pemasaran disebut juga sebagai permintaan yaitu karena sama-sama memenuhi kepuasan kebutuhan/keinginan seseorang atau sekelompok orang.
Sumber : http://aniisniis.blogspot.com/2010/11
3. Jelaskan apa perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti masalah? Berikan masing-masing 2 contoh.
Menurut buku ‘Manajemen
Pemasaran’ yang ditulis oleh Pjilip Kotler dan Kevin lane Keller pada halaman
12 : “ Kebutuhan adalah syarat hidup dasar manusia. Orang
membutuhkan udara, makanan, air, pakaian dan tempat tinggal untuk dapat
bertahan hidup. Orang juga memiliki kebutuhan yang kuat akan rekreasi,
pendidikan, dan hiburan. Kebutuhan-kebutuhan ini menjadi Keinginan ketika
diarahkan ke objek tertentu yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut. Seorang
konsumen di Amerika Serikat membutuhkan makanan, namun mungkin menginginkan
hamburger, kentang goreng dan minuman ringan. Seseorang di Mauritius
membutuhkan makanan, namun mungkin membutuhkan sebuah mangga, beras, lentil,
dan kacang polong.” Jelasnya keinginan adalah kehendak yang kuat akan
pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.
Contoh
kebutuhan : Makan, minum,
pakaian.Contoh keinginan : Makan baso saat sedang hujan, minum air dingin saat sedang panas, memakai gaun saat sedang pesta.
No comments:
Post a Comment